Tahapan Jual Beli NFT Melalui OpenSea

Non Fungible Token atau NFT belakangan makin digemari oleh masyarakat. Anak turunan kripto ini ialah sejenis token yang tidak bisa ditukar, yang umumnya ditemukan di blockchain.


Meskipun sudah ada semenjak tahun 2014, penggemar NFT baru makin banyak pada akhir tahun 2021 lalu.

Seperti halnya mata uang fisik, NFT dapat digunakan untuk beli barang dan jasa dalam bentuk virtual. Apabila digunakan untuk membeli sesuatu, NFT tidak bisa diperjualbelikan dan ditukarkan seperti kripto.

Adapun keunggulan NFT yang menarik beberapa penggemarnya ialah tingkat keaslian. Karena, konsep NFT memungkinkan konsumen memiliki barang asli tanpa ada yang dapat menyerupainya. Tidak hanya itu, NFT menyertakan bukti kepemilikan berbentuk sertifikasi.

Jual beli NFT umumnya dilakukan melalui beberapa situs paling dipercaya seperti OpenSea, Mintable, Nifty Gateway, dan Rarible.

Baca Juga:  Link Download Aplikasi dit Foto Kartun dan Cara Menggunakannya

Di bawah ini adalah 8 tahapan melaksanakan jual beli NFT lewat OpenSea:

  1. Masuk ke situs OpenSea lewat dompet Metamask. Selanjutnya setujui transaksi bisnis dan melengkapi ketentuan yang diminta.
  2. Jangan lupa untuk membuat profile Anda di OpenSea.
  3. Apabila sudah, masuk kembali ke situs OpenSea dan pilih ‘Create’. Masukkan NFT dari menu dropdown.
  4. Selanjutnya, klik ‘Create’ di bawah ‘Create New Collection’ untuk mengupload NFT milik Anda. Catat nama dan isi deskripsi. Klik simpan dan nantikan pesan verifikasi.
  5. Untuk membuat NFT yang baru, Anda bisa mengklik ‘Add New Item’ di bawah icon ‘Collections’
  6. Sesudah usai mengupload karya senimu, lengkapi informasi lain.
  7. Selanjutnya, tentukan transaksi bisnis lewat Metamask dan tunggu NFT Anda disetujui oleh OpenSea. Sesudah dilihat dan disepakati oleh OpenSea, maka NFT milik Anda akan ada dalam perincian jual beli.
  8. Di tahapan akhir, click link untuk salah satu poin karyamu dan pilih jual. Tetapkan harga karya dan ikuti panduan paling akhir. Bila semua tingkatan telah selesai, maka NFT milik Anda yang berada di OpenSea akan ada untuk publik.
    NFT kembali populer belakangan ini setelah seseorang bernama Ghozali trending di sosial media. Dia memilih mengunggah foto selfie-nya sebagai produk NFT di OpenSea.
Baca Juga:  Cara Daftar BANSOS PKH 2022 Secara Online

Tidak diduga, rupanya foto swafoto itu mendapatkan banyak pecinta sampai laku terjual sampai beberapa puluh juta. Dari pengamatan Bisnis, foto selfie yang diunggahnya di OpenSea itu sudah laris terjual sampai 230 kali.

Ghozali memutuskan untuk menjual swafotonya selama 5 tahun paling akhir sebagai produk NFT.

“Hari ini (foto selfie) terjual lebih dari 230+ dan sampai saat ini saya tidak tahu kenapa ada yang ingin membeli #NFT photo milikku. Tetapi saya mengucapkan terima kasih ke kalian semua untuk upaya 5 tahunku yang terbayar lunas,” catat Ghozali di akun Twitternya pada Selasa, 11 Januari 2022.

Dari akun OpenSea miliknya, sekitar 933 item NFT yang terbagi dalam foto selfie pribadinya itu sudah laku terjual. Satu photo punya Ghozali dipandang dengan harga paling rendah yakni 0,13 Ethereum atau sekitar Rp 6 juta. Kemudian untuk keseluruhannya, usaha NFT Ghozali capai 8,5 Ethereum atau sekitar Rp 391 jutaan.

Baca Juga:  20 Link Twibbon Tahun Baru Imlek 2022 Download Gartis

 

Untuk kamu yang penasaran untuk mencobanya bisa menggnakan link download dibawah untuk memulainya !