Mencapai Gua Hira dan Perjuangan Mendaki Jabal Nur

Mencapai Gua Hira dan Perjuangan Mendaki Jabal Nur

Hajiplus.id Jabal an-Nur atau Jabal Nur adalah sebuah gunung yang terletak di dekat kota Mekkah, Arab Saudi.  dalam bahasa Indonesia disebut  “Gunung Cahaya”.

Berbeda dengan pegunungan di Indonesia yang kaya akan flora, Jabal Nur dikelilingi oleh gurun pasir yang gersang dan bebatuan.

gua hira  hiro ini meupakan lokasi gunung dimana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril. Dan banyak yang mohon bersabar menunggu kesempatan untuk sholat disini.

Baca Juga:  Ternyata Ini 4 Perbedaan Antara Ibadah Umroh Dengan Ibadah Haji

Selama Umrah dan Haji, hingga 5.000 Muslim dari berbagai negara dapat mengunjungi Jabal Nur, meskipun itu bukan bagian dari agenda haji atau umrah.

Untuk mencapai puncak Jabal Nur dengan ketinggian 640 meter, dibutuhkan perjuangan yang cukup berat dan penuh, karena medan yang terjal dan menanjak, belum lagi saat kondisi ramai dengan antusias peziarah atau jemaah umrah untuk mencapai Gua Hiro.

Meski tangga sudah dibuat, tetap membutuhkan fisik yang kuat untuk sampai ke puncak.

Namun dalam kisah para sahabat Nabi disebutkan bahwa Khadijah, istri Nabi Muhammad yang berusia 50 tahun, tak kenal lelah mendaki dan turun gunung untuk mengantarkan makanan saat suaminya sedang bersemedi di Gua Hira. . Dibutuhkan setidaknya dua jam untuk mendaki Jabal Nur.

Baca Juga:  4 Wisata  paling populer di Kyoto

Sepanjang pendakian ada beberapa titik peristirahatan yang bisa digunakan dan Anda bisa minum sambil menikmati keindahan dari atas.Jangan heran setelah pengemis mengembalikan uang kita ke Indonesia.

Anda tidak perlu istirahat lama sebelum sampai di kaki gunung, karena sesampainya di puncak sudah banyak pedagang yang menjajakan minuman dan makanan.

Bagi yang belum cukup mendaki, tidak perlu memaksakan diri untuk mendaki ke puncak. Rasa berdoa sederhana menjadi lengkap sambil menikmati pemandangan sekitar dari kaki gunung. bagi Jamaah  yang sedang umrah atau haji dapat mengunjungi Gua Jabal Nur dan Gua Hira dengan naik taksi atau angkutan umum dari Masjidil Haram menuju jabal nur. Bagi sahabat jalan yang ingin pergi melaksanakan ibdah haji atau umroh kami ada paket khusus dan promo bagi yang daftar melalui hajiplus.id

Baca Juga:  Dunia Fantasi, Universal Studios Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *